Friday, January 18, 2019

TEKNOLOGI DAN GURU SEKOLAH MINGGU



Internet ibarat sebuah perpustakaan besar, di dalamnya tersimpan beragam informasi yang gampang diakses. Pesatnya perkembangan teknologi telah memunculkan banyak perubahan di berbagai bidang, termasuk Pendidikan.Teknologi internet berdampak positif dalam proses belajar mengajar. Memudahkan Guru Sekolah Minggu untuk menghadirkan proses belajar-mengajar yang kreatif, efektif dan menyenangkan. Menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan merebut minat belajar generasi muda kita.


GURU adalah designer, fasilitator dan observer

Sebagai designer, guru merancang, merencanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Berupa tahapan tentang apa yang akan dilakukan bersama murid-murid selama aktivitas proses belajar-mengajar berlangsung, sesuai topik pembelajaran yang akan dipelajari, agar kegiatan belajar-mengajar efisien, efektif dan menyenangkan.  File-file rencana kegiatan belajar-mengajar di kelas yang Anda buat itu, bisa di simpan dalam satu folder. Kumpulan file itu dapat membantu Anda lebih kreatif ketika membuat rencana kegiatan belajar-mengajar berikutnya.

Guru sebagai fasilitator, mempersiapkan, menyediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Bila murid diminta mengisi mengisi lembar jawaban, apakah lembar isian itu sudah disiapkan? Kalau ada nyanyian pujian, sebaiknya sudah disiapkan sesuai topik yang akan dibahas. Mempersiapkan alatperaga, papan planel serta gambar-gambar, poster atau lainnya yang akan digunakan guru mennyampaikan dan memperagakan bahasan materi pembelajaran melalui visualisasi, sehingga murid tidak hanya berimajinasi. Melalui visualisasi gambar-gambar peraga sambil dijelaskan, akan mengoptimalkan daya serap dan pemahaman murid.

Sekarang, Guru sebagai fasilitator bisa memanfaatkan Teknologi Internet. Melalui online, guru akan menemukan banyak penyedia aplikasi yang berguna sebagai media pembelajaran. Bermacam-macam apps yang menyediakan lagu-lagu Sekolah Minggu (salah satunya: https://androidappsapk.co/detail-kumpulan-lagu-sekolah-minggu-terbaru/ ), apps cerita Alkitab bergambar (www.freebibleimages.org), apps komik Alkitab (http://komikalkitabanak.blogspot.com/). Selain berbayar, banyak juga yang bisa diunduh gratis. Namun, agar tidak rancu Anda harus memilih dan memilahnya dengan teliti sebelum digunakan. Bila Anda mengunduh lagu Sekolah Minggu, pilihlah sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan.

Dengan aplikasi PowerPoint , guru bisa menayangkan gambar-gambar visual atau video Animasi yang juga bisa diunduh di google images dan youtube ( Channel BintangSM Please Subscribe, klik https://www.youtube.com/channel/UCF9JBZU_5kGO1BHzwNMahvg?sub_confirmation=1
 ) secara gratis, lebih murah dan praktis, Tantangannya adalah guru perlu inovasi dari mengajar dengan cara manual, menjadi guru digital. Dengan penuh semangat, jadilah guru pembelajar, agar tantangan itu bisa Anda atasi dan teknologi internet akan memperkaya pengetahuan serta memberdayakan kemampuan mengajar Anda, sehingga Anda dapat menghadirkan proses belajar-mengajar yang kreatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan Teknologi sebagai media belajar sesuai minat anak-anak milenial.

Sebagai observer, guru selayaknya melakukan observasi, mengevaluasi proses pembelajaran. Apa kesimpulan guru setelah kegiatan belajar-mengajar itu selesai. Apakah murid-murid sudah paham dan bisa menyerap materi pembelajaran yang telah disampaikan. Apakah lagu-lagu pujian dan gambar-gambar peraga yang didapat melalui online sudah tepat dan benar. Dengan kata lain, apakah kegiatan pembelajaran sudah berlangsung efisien, efektif serta menyenangkan, tepat waktu, tepat sasaran mencapai tujuan pembelajaran. Bila masih ada yang kurang dalam kegiat-belajar mengajar kali ini, Anda bisa memperbaiki dan melengkapi berbagai kekurangan saat merencanakan kegiatan belajar berikutnya.

Generasi muda kita merangkul, mengeksplorasi dan menikmati Revolusi Digital yang telah banyak memunculkan perubahan seperti yang kita alami sekarang. Teknologi Internet akan terus berkembang, kalau digunakan dengan benar akan memperkaya pengetahuan guru dan memberdayakan kemampuan mengajar Anda, serta berdampak positif saat menghadirkan proses belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan. Sehingga, benih Firman Tuhan yang ditebar melalui pembelajaran menggunakan teknologi sebagai media belajar akan lebih mudah dipahami, diserap lebih optimal serta menumbuhkan iman generasi milenial.


  

No comments:

Post a Comment