Sunday, September 9, 2012

MEMBUAT SENDIRI ALATPRAGA

Ketika merancang proses belajar mengajar di kelas, yang perlu dipertimbangkan guru adalah bagaimana menyajikan proses belajar mengajar secara menarik, inovatif, dan efectif (mudah dimengerti dan dipahami).
Diantaranya dengan memanfaatkan alatperaga. Hanya saja, kebanyakan sekolah masih kekurangan sarana tersebut. Alatperaga masih sulit didapat. Kalaupun ada,belum tentu cocok dengan pokok bahasan yang akan diajarkan.

Guru sering mengalami kesulitan sebab langkanya alatperaga yang akan digunakan. Buku saja tidak cukup. Bila kelengkapan alatperaga belum memadai, apakah sekolah akan dibiarkan terus dengan segala kekurangannya?
Pilihan alternatif adalah membuat sendiri, meski sederhana. Alatperaga pembelajaran sederhana bisa dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, seperti karton, kardus, kertas koran, styreofoam atau botol;botol bekas, dan lain-lain. Dengan membuat sendiri alatperaga sederhana - memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, biaya murah - guru akan sangat terbantu menghadirkan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.

"Saya tidak bisa menggambar"! Keluhan seperti ini sering muncul saat guru hendak membuat alatperaga. Padahal,  ada banyak softwer komputer yang mendukung proses pembuatan alatperaga. Dengan menjelajahi situs-situs di internet kita juga bisa dengan mudah mendapatkan gambar-gambar yang berkualitas  untuk dimanfaatkan dalam proses pembuatan alatperaga pembelajaran di kelas.

Eksplorasi kemampuan pencarian informasi melalui internet, Anda akan menghasilkan alatperaga pembelajaran yang berbasis TIK, yang bisa digunakan secara gratis.
Membuat sendiri alatperaga, akan membentuk guru menjadi pribadi pembelajar yang kreatif dan inovatif.

No comments:

Post a Comment