Saturday, September 8, 2012

ALATPERAGA PENTING

Pada umumnya anak sulit fokus. Anak lebih suka bergerak dari pada duduk diam. Untuk dapat merebut perhatian anak, ciptakan hal-hal yang membuat anak tertarik secara visual. Selanjutnya,  arahkan mereka pada materi yang akan diajarkan.
Tokoh pendidik, Scott dan Ytreberg (1990) menjelaskan, "Their own understanding comes through hands and eyes and ears. The physical world is dominant at all times".

Salah satu cara merebut perhatian anak agar fokus pada pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran, atau yang disebut alatperaga. Alatperaga adalah alat bantu guru dalam proses belajar mengajar, yang digunakan untuk mempermudah penyampaian pesan dari materi yang diajarkan.

Alatperaga merangsang timbulnya minat dan perhatian anak. Anak jadi antusias terhadap materi pelajaran, terjadi interaksi, anak terlibat aktif dalam proses belajar mengajar.
Penggunaan alatperaga dalam proses belajar mengajar mengoptimalkan seluruh fungsi indra. Melalui  visualisasi alatperaga, daya serap dan pemahaman anak jadi lebih optimal.

Alatperaga penting. Dengan alatperaga, guru sangat terbantu pada waktu menyampaikan materi pelajaran pada semua tingkat usia, tidak hanya pada anak-anak. Proses belajar mengajar jadi lebih menarik, tidak membosankan. Anak (murid) tidak sekedar hanya mendengarkan paparan guru yang cenderung monoton.


No comments:

Post a Comment