Monday, November 4, 2013

TAYANGAN YANG DITONTON ANAK MEMPENGARUHI PERILAKU

Ingin anak-anak Anda tidak menonjolkan perilaku kekerasan? Pilihlah tayangan yang mereka tonton seperti tayangan edukatif serial Animasi Superbook, petualangan seru Chris, Joy dan robot Gizmo menelusuri kisah tokoh-tokoh Alkitab dan belajar nilai-nilai kebenaran. Sebab kajian terbaru yang dimuat pada usatoday.com menunjukkan tayangan yang ditonton anak sangat berpengaruh pada perilaku.

Sebuah kajian yang dilakukan di Amerika menemukan, bahwa terjadi perubahan perilaku signifikan pada anak-anak usia 3-5th. setelah orangtua mereka selama 6 bulan mengurangi tontonan yang memaparkan kekerasan dan agresivitas.
Para orangtua dalam penelitian tersebut memilih untuk menyajikan tayangan bernuansa pendidikan dan petualangan. Hasilnya sangat bagus,sebab pengubahan perilaku bertahan hingga 12 bulan membuat anak menjadi lebih berempati, sangat penolong dan perhatian pada sesama. Kajian tersebut dimuat pada jurnal pediatrik 18 Februari 2013.

Pada kajian lain di Selandia Baru memperlihatkan, bahwa terlalu banyak menonton tayangan kekerasan di televisi pada masa kanak-kanak dan remaja akan memiliki kecenderungan melakukan tindak kriminal atau gangguan keperibadian, hingga masalah agresivitas ketika dewasa.

Saat ini, anak-anak pra sekolah di Amerika Serikat menonton televisi 4-5 jam per hari, ini sangat mengkhawatirkan. Banyaknya tayangan berbau kekerasan di televisi seperti Power Ranger hingga Batman. Anak-anak akan belajar dan meniru yang mereka saksikan. Khususnya anak-anak pra sekolah, mereka belajar banyak dari televisi.



Sumber Tempo.co

No comments:

Post a Comment