Thursday, August 22, 2013

KERJASAMA TIM GSM


Di status Facebook Komunitas Guru Sekolah Minggu Dewi Komala Sari dari Jakarta menulis; " Bisa di share nggak Bro, bagaimana kiat mengatasi kerja tim yang sukses dalam SM?"
Masih di status yang sama, Neivy Putri, asal Manado berucap; "Amin, itulah tujuan yang utama ... bantu share masukannya ya Bro."
Sebelumnya Helmi Betty Saragih, GSM dari Medan yang berkiprah di Kepri - Batam serta beberapa teman lain menyatakan hal senada.
Dari beberapa Sumber, saya merangkum tulisan buat semua teman-teman. Semoga bermanfaat. Salam.


Sebenarnya, dalam hidup ini kita selalu bersentuhan dengan yang disebut Kerjasama.
Dalam keluarga, anak mesti bekerjasama dengan orangtua. Suami bekerjasama dengan istri, atau sebaliknya. Sebagai pekerja, kita bekerjasama dengan atasan dan sesama rekan sekerja.
Setiap orang juga tahu apa itu Tim. Kita paham mengapa orang-orang membentuk (menjadi) sebuah Tim. Kalau Keluarga adalah sebuah Tim, artinya setiap orang dalam keluarga itu terlibat atau bagian dari Tim. Kapanpun dan di manapun, orang bersama-sama atau berada dalam kebersamaan untuk pencapaian yang direncanakan bersama, itulah Tim.

Sekolah Minggu adalah sebuah Tim, yang merupakan paduan pelayanan efektif dari berbagai keterampilan, pengetahuan serta bakat.
Orang tak bisa hidup sendirian. Apalagi melakukan pekerjaan besar seorang diri. Sehebat apapun talenta yang dimiliki, kita tetap membutuhkan orang lain agar kemampuan serta pelayanan kita terus berkembang. Berbagai masukan dari teman-teman GSM yang lain, 
pasti sangat berguna. Bahkan dalam sebuah tim, setiap anggota bisa saling berbagi pengalaman. Memunculkan gagasan-gagasan cerdas untuk kepentingan bersama.
Melayani (kerja) sendiri-sendiri hanya akan membuat wawasan kita jadi sempit.

Dalam Kerjasama Tim pada komunitas yang positif, hangat serta kreatif; akan timbul berbagai penyelesaian yang secara individu sulit teratasi. Keunggulan yang bisa diandalkan dari Kerjasama Tim adalah penyelesaian secara sinergi dari beberapa orang yang terlibat dalamnya. Ada sinergi atau kekuatan kolektif dari orang-orang yang telah mengupayakan pencapaian tujuan yang sama.

Setiap orang dalam Kerjasama Tim, seharusnya tahu peran masing-masing. Prioritas utamanya adalah adalah belajar berfungsi efektif serta kompak mencapai sasaran.
Kerjasama Tim dibentuk untuk berupaya dengan sengaja secara bersama-sama menghasilkan kinerja yang sangat baik dibanding dengan kinerja yang dilakukan seseorang.

Namun pada kenyataan, sekalipun Kerjasama Tim diadakan dengan maksud baik, ada 
yang berhasil. Tak jarang banyak juga yang kehilangan arah, bahkan nyaris lumpuh.
Dalam beberapa kasus, Kerjasama Tim GSM membuahkan kinerja yang buruk. Dibanding
dengan upaya seorang yang terampil, terbuka terhadap ide-ide dan masukan dari orang lain, penuh semangat, fokus pada tujuan rencana jangka panjang dan selalu melakukan follow up secara teratur. Menjadikan Sekolah Minggu sebagai komunitas yang sehat. Dari Sekolah Minggu yang sehat, Gereja kuat.
Bagaimana keandalan Kerjasama Tim GSM Anda?

No comments:

Post a Comment