Minggu, 15 Desember 2013

SINTERKLAS, DONGENG ATAU NYATA?


"Yes, Virginia there is a Santa Claus", begitu tulis Surat Kabar The Sun
menjawab pertanyaan gadis cilik yang penasaran ingin tahu: Apakah Sinterklas itu nyata atau cuma dongeng.


Sinterklas (Indonesia), kini telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari tradisi Natal di Amerika Serikat.
"Benarkah Sinterklas ada?" Pertanyaan itu muncul di pikiran Virginia, 8th. putri Dr. Philip O"Hanlon, asisten koroner di Upper West Side, Manhattan. Gadis kecil itu penasaran, lalu dia bertanya pada ayahnya.
Dr. Philip O'Hanlon (1897) menyarankan  agar anak perempuannya itu menulis surat ke Surat Kabar The Sun, Koran paling berpengaruh ketika itu di New York City.

Kepada putrinya O'Hanlon berkata, "Kalau kamu melihat jawabannya di 
The Sun, berarti Sinterklas benar-benar ada". Tak lama surat tersebut dijawab oleh seorang redaktur bernama Francis Pharcellus Church yang pernah bertugas sebagai wartawan perang. Ia menjawab pertanyaan sederhana itu berikut alasan filosofisnya. Meski editorial yang ditulisnya itu muncul di pojok halaman paling bawah, namun membuat banyak pembaca terkesan. Lebih se abad kemudian, editorial yang ditulisnya itu menjadi tulisan paling banyak diterbitkan ulang di berbagai media cetak berbahasa Inggris.

Setelah itu, penerbit Elizabeth Press menerbitkan buku anak-anak berjudul Yes, Virginia. Cerita dalam buku itu dikembangkan dari editorial yang menjawab surat Virginia, disertai biografi singkat tokoh-tokoh utamanya.
Selanjutnya, Warner Brothers mengangkatnya menjadi acara televisi yang memenangkan Emmy Award. Pada acara spesial The History Chanel tayangan 21Februari 2001, menceritakan Virginia memberi surat aslinya kepada seorang cucunya yang menempelkan surat itu di kliping buku. Surat itu diperkirakan terbakar dalam suatu peristiwa kebakaran rumah. Namun, ternyata surat itu ditemukan utuh 30 tahun kemudian.

Belakangan, Santa Claus atau Sinterklas sering digambarkan berpakaian lengkap dengan topi merah berjambul. Siapakah Santa Claus itu? 
Sebutan Santa Claus berasal dari seorang yang bernama Nicholas. ia lahir di kota Lycia, sebuah pelabuhan kuno di Petara (Asia Kecil). kemudian pada abad ke 4 Nicholas menjadi uskup di Lycia. Sewaktu Raja Diokletus menganiaya orang kristen, Nicholas dipenjara dan dilepaskan ketika Raja Konstantin berkuasa. Ia hadir di Konsili Nicea (325), meninggal dan dikubur di Myra. Relekwinya dikeramatkan di Basilika San Nicola, Bari pada abad 11.

Berikutnya ia menjadi populer dan melegenda. Nicholas digambarkan sebagai uskup yang ramah, suka menolong anak-anak dan orang miskin. Kebaikannya kemudian dibumbui dengan mujizat-mujizat dan legenda kafir, seperti Befana di Roma, Berchta dan kneecht Ruprecht di Jerman, serta Odin di Norwegia yang memiliki kekuatan sihir, yang menghukum anak-anak nakal dan memberi hadiah hanya kepada anak-anak yang baik. Biasanya menumpang kereta terbang yang ditarik rusa kutub.
Setelah itu legenda ini menyebar ke daratan Eropa. Namun sejak reformasi, legenda kultus Nicholas tidak lagi dirayakan Gereja-gereja Protestan. Sebaliknya, di Belanda muncul Sinterklas yang digambarkan sebagai orangtua
berjanggut putih panjang, berpakaian uskup sambil menaiki kuda yang bisa terbang ke atap rumah. Dibantu budaknya Zwarte Piet (yang dikenal sebagai Piet Hitam). Sinterklas selalu muncul di bulan Desember, bertandang ke rumah-rumah untuk memberi hadiah bagi anak-anak yang baik melalui cerobong asap.
Budaya Santa Claus di kota Manado dan sekitarnya
 ketika menyambut Hari Natal.

Pada abad 17 koloni baru di New Amsterdam (sekarang New York) di Amerika. Santa Claus dilukiskan sebagai orang gemuk berjanggut putih memakai mantel dan topi berwarna merah dengan menaiki kereta salju yang ditarik 8 rusa kutub yang bisa terbang.

Sekalipun Santa Claus terkenal dengan kebaikannya memberi hadiah-hadiah pada anak-anak, namun karena legendanya telah bercampur dengan dongeng mistik kafir, banyak orang mempersoalkan sebagai tidak sesuai dengan semangat Natal. Sinterklas dan Piet Hitam di Indonesia, oleh sebagian orang dianggap rasis, orang kulit putih yang pengasih dan budak kulit hitam yang suka mencambuk anak-anak nakal.
Karena Riwayat Nicholas yang tidak jelas lagi, Paus Paulus VI mencoret perayaan Santo Nicholas dari kalender resmi Gereja Roma Katolik pada th.1969.


Sumber: Wikipedia, Sabda.org
Di tulis ulang oleh Theo Gunawan, BintangSM.





Sabtu, 07 Desember 2013

APA MAKNA POHON NATAL?


JOY KIDZ posting di status facebook Komunitas Guru Sekolah Minggu. Dia menulis: "Mau tanya nih, apa sih makna Pohon Natal? Apa hubungannya dengan kelahiran Yesus Kristus? Alkitabiah enggak?" (07.12.13).

Memang, pertanyaan seperti itu sering muncul di saat menjelang Perayaan Natal. Seingat saya, pernah 2 atau 3 kali saya pasang Pohon Natal di rumah. Bahkan sangat jarang menghias Pohon Natal di Gereja. Kalau pun Pohon Natal selalu ada di setiap Perayaan Natal, bagi saya Natal tidak identik dengan Pohon Natal (cemara) dan Natal tidak mesti dirayakan pada setiap tanggal 25 Desember.

Menurut catatan di Wikipedia bahasa Indonesia, kebiasaan memasang Pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan hiasan Pohon Natal yang umumnya dibuat dari pohon cemara atau mengadaptasi bentuk pohon cemara itu terjadi pada abad ke 16.
Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal. Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania Amerika Serikat memasang Pohon Natal untuk pertamakalinya pada th. 1930an.

Ketika merayakan Natal, Pohon Natal bukan keharusan di Gereja atau di rumah. Sebab ini cuma simbol agar kehidupan rohani kita selalu tumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain, layaknya "evergreen". Pohon Natal (cemara) merupakan lambang "kasih Tuhan  yang tidak pernah berubah, dari dulu sampai sekarang dan nanti. Umumnya di setiap musim salju hampir semua pohon rontok daunnya,  kecuali cemara yang tetap bertahan dan selalu hijau meski ditutup salju. Hanya pohon cemara saja yang tetap kokoh dan hijau di 4 musim.

Kini, pemasangan hiasan pohon cemara, baik asli atau pun imitasi, di tengah kota atau di tempat-tempat umum menjadi pemandangan biasa menjelang Natal.
Ada aliran Gereja tertentu yang mengharamkan tradisi pemasangan Pohon Natal, mereka mengganggap sebagai bentuk pemujaan berhala dewa matahari. Dikisahkan, bahwa pada jaman dahulu, bangsa Romawi menggunakan pohon cemara untuk perayaan Saturnalia. Mereka menghiasinya dengan topeng-topeng kecil. Sebab 25 Desember adalah hari untuk menyembah dewa matahari Mithras, yang asal mulanya dewa matahari Iran, kemudian dipuja di Roma.
Demikian juga hari Minggu adalah saat pemujaan dewa matahari lainnya, seperti Osiris, dewa matahari orang Mesir yang dirayakan 27 Desember, sedangkan dewa matahari Horus dan Apollo tanggal 28 Desember.

Ada cerita, saat Martin Luther, tokoh reformasi Gereja, suatu malam berjalan-jalan di pinggir hutan, ia terkesan dengan keindahan bintang-bintang di langit yang sinarnya menembus di sela-sela cabang dan ranting pohon cemara. kemudian ia menebang sebatang pohon cemara kecil dan membawanya pulang kerumah. Untuk menghadirkan bintang-bintang seperti yang dilihatnya di hutan, Martin Luther memasang lilin-lilin kecil pada tiap ranting cemara itu.

Terlepas dari kebenaran cerita di atas, ketika Ratu Victoria dari Inggris, dan Pangeran Albert dari Jerman, serta anak-anaknya bergambar bersama dengan latar pohon cemara dan gambarnya dipublikasikan London News. Karena sosok sang ratu yang sangat popular, cemara kemudian menjadi pilihan yang biasa sebagai pohon Natal.

Betul, penggunaan pohon cemara adalah tradisi Eropa, ekspresi kegembiraan yang dilambangkan dengan berbagai dekorasi dan lampu hias yang berbeda di setiap negeri. Indonesia dan Filipina menjadi negara yang sangat terpengaruh tradisi Eropa itu, sampai akhirnya umat Kristen membeli atau membuat sendiri pohon Natal yang berbentuk cemara. Di Afrika, pohon Natal bukan lah sesuatu yang umum. sementara bagi masyarakat India, lebih memilih pohon Mangga atau pohon Pisang.

Meski Yesus bukan lahir pada tanggal 25 Desember, namun tanggal tersebut diterima sebagai tanggal perayaan Natal di seluruh dunia. Untuk merayakan bahwa Sang Juruselamat telah datang ke dalam dunia yang gelap dengan membawa kasih dan terang Allah kepada manusia yang berdosa. Yesus adalah hadiah Allah kepada kita. Tanggal tidak terlalu penting, yang utama pada setiap bulan Desember kita punya kesempatan yang luar biasa memberitakan Injil lewat perayaan Natal.

Dari tulisan di atas, Anda bisa menyimpulkan sendiri jawaban untuk pertanyaan teman kita Joy Kidz.


Sumber Wikipedia.



Sabtu, 30 November 2013

NIKMATI KEBEBASAN BEREKREASI


Sewaktu kejenuhan bahkan ketegangan menguasai Anda, kita mau melakukan apa? Mungkin kita mau buat sesuatu, tapi apa? Sering kejenuhan dan ketegangan ikut terbawa ke tempat-tempat pertemuan. Dampaknya pertemuan pun jadi gersang dan membosankan, tak ada kegembiraan. Buntu disana, pusing disini. Padahal, awalnya kita cuma kelelahan. Jadi, perlu istirahat barang sebentar.

Wah ... istirahat, artinya pasif, tanpa aktivitas. Tetapi istirahat juga punya makna lain, untuk sementara meninggalkan kegiatan rutin yang membuat "stress". Menggantinya dengan aktivitas menyenangkan, yang disebut rekreasi. Rekreasi adalah bermain. Sederhana, namun menggembirakan. Ada banyak bentuk-bentuk permainan untuk di dalam dan di luar ruangan, permainan kelompok atau perorangan.

Rekreasi atau bermain adalah cara jitu yang sering dilupakan orang, untuk mengusir kebosanan serta ketegangan. Orang yang lelah fisik, letih psikis, kognitif dan lelah rohani, perlu istirahat sejenak untuk memulihkan kesegaran pikiran dan perasaan agar timbul lagi semangat baru.
Lalu, apakah rekreasi sama dengan bermain? Bisa "ya", bisa juga "tidak". Ya, sebab orang yang berekreasi pasti bermain. Tidak, karena orang yang bermain belum tentu berekreasi.

Rekreasi sebagai "bermain", seperti orang yang kelelahan fisik, psikis perlu istirahat. Dalam istirahatnya, ia mengisi dengan aktivitas lain yang menyenangkan hati, yaitu bermain. Cuma sekedar bermain, tidak menyita banyak waktu. Karena itu bermain jadi rekreasi.
Bila bermain bukan rekreasi, misalnya bermain sepak bola. Yang ini perlu banyak waktu dan konsentrasi penuh buat meningkatkan kemampuan bermain bola. Jadi, ini yang disebut bukan sekedar bermain. Karena harus mengerahkan segenap tenaga serta emosi, aktivitas ini disebut profesi, cara untuk berprestasi, bukan sekedar rekreasi.

Rekreasi adalah bermain. Boleh jadi melibatkan pikiran dan emosi kita, tetapi cuma sekedar. Yang pasti untuk memulihkan kesegaran dan menimbulkan semangat baru. Rekreasi adalah cara jitu untuk mengobati kelelahan serta kejenuhan akibat aktivitas rutin. Sebab itu, nikmati kebebasan berekreasi Anda.


Sumber: Albertus M. Patty, Permainan untuk segala usia.

Sabtu, 23 November 2013

GSM BISA MENGAJAR SECARA KREATIF



Apa artinya mengajar secara kreatif ?
Berikut ini beberapa penjelasan yang membantu kita.

- GSM mengusahakan anggota kelasnya menjadi lebih nyaman, bergairah dan tertarik dengan materi pelajaran yang disampaikan.

-Murid-murid menjadi lebih aktif, bukan pasif duduk manis dalam setiap proses pembelajaran.

-Aktivitas dalam kelas menjadi lebih produktif dan ajaran menghasilkan buah yang nyata, serta terjadi perubahan sesuai yang ditetapkan dalam kehidupan setiap murid.

-GSM membantu murid-murid untuk memahami maksud Firman Tuhan yang diajarkan serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, bukan sekedar menghafal beberapa fakta saja.

-GSM tidak cuma bercerita atau mengajar, tetapi memberikan motivasi, membimbing serta mengarahkan muridnya ke tujuan yang hendak dicapai dalam setiap pembelajaran. Menjadikan Firman Tuhan sebagai hal yang sungguh-sungguh hidup, "Truth into life".

Memunculkan cara mengajar yang kreatif meliputi: sifat pribadi GSM serta pengenalan akan Tuhan dan FirmanNya, masa mempersiapkan pelajaran, penguasaan cara menyajikan materi pembelajaran, keterampilan menggunakan metode mengajar, kemampuan memilih serta
menggunakan alatbelajar kreatif, dan hubungan pribadi GSM dengan setiap murid.

Seorang GSM yang belum berupaya berpikir secara kreatif atau tidak pernah mendapat pelatihan mengajar secara kreatif, akan mengalami kendala ketika ia berusaha mengubah gaya mengajarnya.
Namun, kemauan yang sungguh-sungguh, dorongan untuk mencoba sesuatu yang baru tanpa henti dengan panduan yang jelas serta berkualitas, bisa menjadikannya seorang GSM yang kreatif.



sumber xaesar.wordpress.com





Senin, 04 November 2013

TAYANGAN YANG DITONTON ANAK MEMPENGARUHI PERILAKU

Ingin anak-anak Anda tidak menonjolkan perilaku kekerasan? Pilihlah tayangan yang mereka tonton seperti tayangan edukatif serial Animasi Superbook, petualangan seru Chris, Joy dan robot Gizmo menelusuri kisah tokoh-tokoh Alkitab dan belajar nilai-nilai kebenaran. Sebab kajian terbaru yang dimuat pada usatoday.com menunjukkan tayangan yang ditonton anak sangat berpengaruh pada perilaku.

Sebuah kajian yang dilakukan di Amerika menemukan, bahwa terjadi perubahan perilaku signifikan pada anak-anak usia 3-5th. setelah orangtua mereka selama 6 bulan mengurangi tontonan yang memaparkan kekerasan dan agresivitas.
Para orangtua dalam penelitian tersebut memilih untuk menyajikan tayangan bernuansa pendidikan dan petualangan. Hasilnya sangat bagus,sebab pengubahan perilaku bertahan hingga 12 bulan membuat anak menjadi lebih berempati, sangat penolong dan perhatian pada sesama. Kajian tersebut dimuat pada jurnal pediatrik 18 Februari 2013.

Pada kajian lain di Selandia Baru memperlihatkan, bahwa terlalu banyak menonton tayangan kekerasan di televisi pada masa kanak-kanak dan remaja akan memiliki kecenderungan melakukan tindak kriminal atau gangguan keperibadian, hingga masalah agresivitas ketika dewasa.

Saat ini, anak-anak pra sekolah di Amerika Serikat menonton televisi 4-5 jam per hari, ini sangat mengkhawatirkan. Banyaknya tayangan berbau kekerasan di televisi seperti Power Ranger hingga Batman. Anak-anak akan belajar dan meniru yang mereka saksikan. Khususnya anak-anak pra sekolah, mereka belajar banyak dari televisi.



Sumber Tempo.co

Senin, 21 Oktober 2013

SUPERBOOK, TAYANGAN EDUKATIF UNTUK ANAK INDONESIA

MEDIA MASA punya peran penting dalam pembelajaran sosial. Bayak pelajaran yang bisa dilihat pada media masa, khususnya media visual. Pada intinya, media masa dapat meneruskan perilaku dan pola-pola pemikiran baru secara terus menerus kepada sekelompok orang.

"Tayangan televisi memiliki pengaruh terhadap perkembangan individu, karena dapat memandu tindakan mereka kepada perilaku nyata." Demikian pendapat Sani B. Herman, psikologi keluarga, dalam acara Seminar  Parenting, Tayangan Edukatif untuk Keluarga Indonesia pada 7 Mei 2013 di Lounge XXI Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat.
Dia mengamati, pesatnya perkembangan Teknologi Informasi mendukung munculnya Generasi Z. Generasi ini adalah mereka yang lahir pada periode 1994 sampai 2009, yang memiliki kemampuan tinggi dalam mengakses dan mengakomodasi informasi, sehingga mendapat kesempatan lebih banyak dan terbuka untuk mengembangkan dirinya.
"Generasi Z ini pilihannya adalah televisi yang menjadi salah satu sarana utama mereka menggali informasi." Ujar Sani B. Herman, demikian tulis TEMPO.CO

Era ini telah melahirkan anak-anak pintar dan bermental pemenang. Karena itu SUPERBOOK dimunculkan pada layar kaca sebagai tayangan edukatif untuk Anak Indonesia. SUPERBOOK, film animasi kisah Tokoh-tokoh Alkitab telah tayang di MNC TV setiap Sabtu pagi, menceritakan petualangan seru dua anak bernama Chris dan Joy bersama robot Gizmo. Dengan buku ajaib SUPERBOOK punya Joy, mereka bertiga bisa menjelajah lorong waktu dan bertemu dengan tokoh-tokoh Alkitab, belajar nilai-nilai kebenaran.
Managing Director Cahaya Bagi Negeri (CBN) menjelaskan, "Dengan dibuat film kisah tokoh-tokoh Alkitab itu lebih gampang dicerna. Melalui bentuk animasi, anak-anak lebih mudah masuk ke dunia itu. Mereka akan dengan gampang mengenal tokoh-tokoh Alkitab dan mengerti maksud pelajaran yang disampaikan pada setiap kisah. SUPERBOOK tidak hanya memperkenalkan kisah tokoh-tokoh Alkitab, tetapi juga membuat anak-anak sangat mencintai Alkitab".

Mark McClendon, Presiden CBN Indonesia, mengatakan, "Anak-anak sekarang berada di satu generasi yang tidak pernah ada sebelumnya. Mereka adalah Google generation, Facebook generation. Mereka generasi berjejaring, cara berpikir mereka berbeda, cara berkomunikasinya pun berbeda. Sejak masih sangat muda mereka sudah mengenal perangkat digital, ini adalah generasi asli digital."

Film animasi SUPERBOOK merupakan karya yang digarap untuk kebaikan anak-anak. Ini adalah cara cerdas untuk mengajar orang, terutama anak-anak kecil tentang Firman Tuhan maupun moralitas. Film animasi SUPERBOOK merupakan tools yang tepat bagi generasi Google, anak-anak generasi masa kini.

Kamis, 22 Agustus 2013

KERJASAMA TIM GSM


Di status Facebook Komunitas Guru Sekolah Minggu Dewi Komala Sari dari Jakarta menulis; " Bisa di share nggak Bro, bagaimana kiat mengatasi kerja tim yang sukses dalam SM?"
Masih di status yang sama, Neivy Putri, asal Manado berucap; "Amin, itulah tujuan yang utama ... bantu share masukannya ya Bro."
Sebelumnya Helmi Betty Saragih, GSM dari Medan yang berkiprah di Kepri - Batam serta beberapa teman lain menyatakan hal senada.
Dari beberapa Sumber, saya merangkum tulisan buat semua teman-teman. Semoga bermanfaat. Salam.


Sebenarnya, dalam hidup ini kita selalu bersentuhan dengan yang disebut Kerjasama.
Dalam keluarga, anak mesti bekerjasama dengan orangtua. Suami bekerjasama dengan istri, atau sebaliknya. Sebagai pekerja, kita bekerjasama dengan atasan dan sesama rekan sekerja.
Setiap orang juga tahu apa itu Tim. Kita paham mengapa orang-orang membentuk (menjadi) sebuah Tim. Kalau Keluarga adalah sebuah Tim, artinya setiap orang dalam keluarga itu terlibat atau bagian dari Tim. Kapanpun dan di manapun, orang bersama-sama atau berada dalam kebersamaan untuk pencapaian yang direncanakan bersama, itulah Tim.

Sekolah Minggu adalah sebuah Tim, yang merupakan paduan pelayanan efektif dari berbagai keterampilan, pengetahuan serta bakat.
Orang tak bisa hidup sendirian. Apalagi melakukan pekerjaan besar seorang diri. Sehebat apapun talenta yang dimiliki, kita tetap membutuhkan orang lain agar kemampuan serta pelayanan kita terus berkembang. Berbagai masukan dari teman-teman GSM yang lain, 
pasti sangat berguna. Bahkan dalam sebuah tim, setiap anggota bisa saling berbagi pengalaman. Memunculkan gagasan-gagasan cerdas untuk kepentingan bersama.
Melayani (kerja) sendiri-sendiri hanya akan membuat wawasan kita jadi sempit.

Dalam Kerjasama Tim pada komunitas yang positif, hangat serta kreatif; akan timbul berbagai penyelesaian yang secara individu sulit teratasi. Keunggulan yang bisa diandalkan dari Kerjasama Tim adalah penyelesaian secara sinergi dari beberapa orang yang terlibat dalamnya. Ada sinergi atau kekuatan kolektif dari orang-orang yang telah mengupayakan pencapaian tujuan yang sama.

Setiap orang dalam Kerjasama Tim, seharusnya tahu peran masing-masing. Prioritas utamanya adalah adalah belajar berfungsi efektif serta kompak mencapai sasaran.
Kerjasama Tim dibentuk untuk berupaya dengan sengaja secara bersama-sama menghasilkan kinerja yang sangat baik dibanding dengan kinerja yang dilakukan seseorang.

Namun pada kenyataan, sekalipun Kerjasama Tim diadakan dengan maksud baik, ada 
yang berhasil. Tak jarang banyak juga yang kehilangan arah, bahkan nyaris lumpuh.
Dalam beberapa kasus, Kerjasama Tim GSM membuahkan kinerja yang buruk. Dibanding
dengan upaya seorang yang terampil, terbuka terhadap ide-ide dan masukan dari orang lain, penuh semangat, fokus pada tujuan rencana jangka panjang dan selalu melakukan follow up secara teratur. Menjadikan Sekolah Minggu sebagai komunitas yang sehat. Dari Sekolah Minggu yang sehat, Gereja kuat.
Bagaimana keandalan Kerjasama Tim GSM Anda?